Minggu, 01 April 2012

Berita palestina


Sabtu, 31/03/2012 10:10 WIB | Arsip | Cetak

Pasukan Israel menembak mati seorang pria Palestina di Gaza utara pada hari Jumat kemarin (30/3) setelah terjadinya aksi protes ribuan massa yang menandai Hari Tanah, juru bicara medis mengatakan kepada AFP.
Mahmoud Zakut, 20 tahun, tewas di Beit Hanun di daerah dekat pagar perbatasan dengan Israel, jurubicara pelayanan darurat Adham Abu Selmiya mengatakan.
Ribuan demonstran Palestina bentrok dengan tentara Israel di pos pemeriksaan Qalandia di Tepi Barat pada hari Jumat kemarin, pada saat ratusan lainnya berkumpul di Kota Tua Yerusalem untuk menandai Hari Tanah.
Dijuluki sebagai "Global March to Jerusalem," demonstrasi juga dilakukan oleh masyarakat pengungsi di Yordania dan Libanon untuk menandai acara tahunan yang memperingati kematian enam pengunjuk rasa Arab Israel di tangan pasukan Israel selama demonstrasi massal pada tahun 1976 menentang rencana untuk menyita tanah warga Arab di Israel utara.
Ketegangan yang tinggi di pos pemeriksaan Qalandia, di utara Yerusalem, terjadi pada saat pemuda Palestina melemparkan batu dan membakar ban, yang dibalas oleh pasukan Israel dengan menembakkan rentetan gas air mata, peluru karet dan granat kejut untuk membubarkan aksi protes tersebut.
Petugas medis Palestina mengatakan mereka telah merawat 39 orang, kebanyakan dari mereka mengalami inhalasi gas air mata, sementara tujuh luka-luka oleh peluru karet.(fq/afp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar